Ingin menulis di http://www.gurusiana.id tapi bingung bagaimana caranya? Jika ini pertanyaan anda maka uraian berikut ini akan memberikan jawabannya.

Menulis merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi guru. Bisa dibilang sudah menjadi makanan sehari-hari. Dengan menulis seseorang dapat menyampaikan pendapat,ide atau gagasannya kepada publik atau pembacanya.

Seiring dengan perkembangan teknologi menulis tidak hanya dapat dilakukan melalui media cetak namun dapat juga melalui media online. Salah satu wadah di mana kita bisa menulis online adalah blog gurusiana (www.gurusiana.id ). Di blog gurusiana ini guru bisa mengasah kemampuan menulis. Guru dapat mengirimkan tulisan kapan pun dan berapa pun yang diinginkan. Lalu bagaimana caranya?

Cara menulis di blog gurusiana adalah sebagai berikut :

1. Buka http://www.gurusiana.id

2. Setelah jendela gurusiana terbuka klik menu registrasi dan isikan data yang sesuai, kemudian login

3. Untuk memulai menulis klik gambar pensil berwarna kuning di pojok kanan atas atau dapat juga klik “Management Artikel” lalu klik “Menulis Artikel baru”. Akan terlihat gambar sebagai berikut :

Klik “upload image” jika ada gambar yang sesuai tema atau judul tulisan. Gambar yang bisa diunggah di sini ukurannya tidak boleh melebihi 2 MB. Selanjutnya klik “Title post” untuk mencantumkan judul tulisan. Pilih kategori tulisan yang akan dibuat, pilihan yang tersedia ada opini, PTK, best practice, kolom, cerpen, resensi dan parenting. Selanjutnya mulai menulis di “Teks Paragraf” seperti gambar berikut :

Jika ingin menambahkan gambar setelah menulis teks, bisa di klik “image” dan pilih gambar yang sesuai. Klik “Text” untuk melanjutkan lagi tulisannya. Begitu seterusnya, image dan text bisa kita tambahkan beberapa kali sesuai keinginan. Bila dirasa sudah cukup tulisan bisa diunggah dengan klik “publish” di bagian bawah (tulisan berwarna kuning).

1. 4. Apabila setelah tulisan dipublish ternyata masih ada kekeliruan maka tidak perlu panik. Tulisan di blog masih bisa diperbaiki atau disempurnakan dengan mengeditnya atau bahkan dihapus. Pada saat sedang diedit pembaca tidak dapat menemukan tulisan kita di blog. Jadi tak perlu takut atau malu dengan tulisan yang masih salah. Caranya adalah dengan klik “MENU” lalu “management artikel”, pilih judul tulisan mana yang ingin diedit atau dihapus dengan klik “Edit” atau “hapus” seperti pada gambar di bawah.Tulisan yang sudah selesai diedit bisa diunggah kembali dengan klik “publish” di bagian bawah seperti saat mengunggah tulisan semula.

Di “Management Artikel” juga bisa diketahui berapa jumlah pembaca yang melihat tulisan kita di blog gurusiana.

Nah bagaimana, ternyata mudah bukan menulis di blog gurusiana. Kita bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja asal masih terkoneksi dengan jaringan internet. Kini tulisan kita di blog ini bisa dinikmati oleh pembaca seluruh indonesia. Selamat mencoba.

sumber:gurusiana,id