Dasar Hukum: 1). Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2) Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu, 3) Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan dasar menengah untuk mencapai kompetensi lulusa, 4) Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan yang merupakan kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, 5) Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan menengah.

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka kewajiban bapak/ibu guru pun menjadi bertambah. Beban tugas ini mungkin memberatkan bagi bapak/ibu guru, namun disisi lain bapak/ibu diajarkan bagaimana mempersiapkan diri dan disiplin dalam hal Administrasi pembelajaran. Kurikulum 2013 menuntut agar guru harus memiliki kompetensi profesional yang kreatif dan inovatif. Salah satu indikatornya adalah guru mampu melengkapi berbagai jenis administrasi mengajar. selain RPP, bapak/ibu guru harus melengkapi Administrasi tambahan yaitu Buku Kerja Guru (BKG).

Buku Kerja Guru, terdiri dari Buku Kerja-1, Buku Kerja-2, Buku Kerja-3 dan Buku Kerja-4.

BUKU KERJA-1, terdiri dari : a). Analisis Kompetensi Dasar (KD); b). Analisis Keterkaitan antara SKL, KI dan KD; c). Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK); d). pemetaan Kompetensi dasar dan Teknik Penilaian; dan e). Analisis KKM.

BUKU KERJA-2, terdiri dari : a). Ikrar Guru Indonesia; b). Kode Etik Guru Indonesia; c). Jurnal Agenda Guru; d). Pembiasaan Guru; dan e). Tata Tertib Guru.

BUKU KERJA-3, terdiri dari: a). Jadwal Mengajar Guru; b). Daftar Hadir Siswa dan Daftar Nilai; c). Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa; d). Penilaian Akhlak dan Kepribadian Siswa; e). Proagram Remedial dan Pengayaan; dan f). Analisis Soal-soal Ulangan Harian.

BUKU KERJA-4, terdiri dari: a). Evaluasi Diri untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru; dan b). Rencana Tindak Lanjut Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk kemajuan Guru Indonesia..