Bahasa Inggris

Assalamualaikum…

Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang paling efektif membutuhkan waktu, kepandaian, dan pemahaman akan tujuan dan kemampuan para siswa Anda. Tujuannya, sama seperti semua pengajaran, adalah memotivasi para siswa untuk memahami apa yang Anda ajarkan dan menguasainya sebaik mungkin. Berikut beberapa saran yang akan membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dari pengajaran Anda.

  1. Menyusun Susunan dasar : a. Ketahui tujuannya; b. Tulislah ikhtisar; c. Rencanakan alokasi waktu pengajaran; d. Kenali para siswa; e. Hadapi berbagai macam gaya belajar
  2. Merencanakan Tahap Pembelajaran: a. Lakukan pemanasan; b. Sajikan informasinya; c. Lakukan praktik terpandu; d. Periksa hasil pekerjaan siswa dan nilailah perkembangan siswa; e. Lakukan praktik yang lebih bebas; f. Berikan waktu untuk pertanyaan; g. Akhiri pelajaran dengan penutup.
  3. Mempersiapkan diri : a. Jika Anda gugup, tulislah; b. Sediakan waktu tambahan; c. Rancang RPP secara matang; d. Buatlah agar guru pengganti dapat memahami RPP yang Anda buat; e. Buatlah rencana cadangan.

Pada postingan kali sy ingin berbagi kembali kepada rekan-rekan guru khusus SMK/SMA mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X berdasarkan Kurikulum 2013 hasil revisi 2017. Tapi ini hanya contoh, katakanlah sebagai panduan dan acuan, meskipun ini perlu perbaikan dan editing dan harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan disekolah masing-masing.

  1. RPP-1 SMK/SMA Kelas X Semester Genap, Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017..
  2. RPP-2 SMK/SMA Kelas X Semester Genap, Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017..
  3. RPP-3 SMK/SMA Kelas X Semester Genap, Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017..
  4. RPP-4 SMK/SMA Kelas X Semester Genap, Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2017..

Demikian, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi rekan guru semua..

Sumber:http://kherysuryawan.blogspot.com