KOMPETENSI GURU

1. Kompetensi Pedagogik

Apa itu kompetensi Pedagogik? Kompetensi pedagogik adalah kompetensi yang berkaitan dengan bagaimana  guru dapat mengajar / menyampaikan ilmu kepada siswa / murid – muridnya. dalam kata lain jika seorang guru matematika itu pandai tentang perkalian namun guru tersebut tidak bisa membuat siswanya paham tentang perkalian maka bisa dikatakan guru tersebut tidak mempunyai komptensi pedagogik.

Namun komptensi pedagogik bagi seorang guru tidak cukup bisa memahamkan muridnya lo, ada beberapa hal lain yang harus dikuasai guru, seperti kempuan untuk menyusun rencana pembelajaran, menggunakan media pembelajaran dan memilih metode pembelajaran. pada bagian ini tentu guru harus benar benar mengetahui karakter siswa sehiingga perangkat pembelajaran pun dapat disesuaikan.

2. Komptensi Profesional

Apa itu Kompetensi Profesional? Kompetensi Profesional adalah kompetensi yang berkaitan dengan pehamanan seorang guru tentang disiplin ilmu yang diajarkan, sebagai contoh adalah guru matematika yang mengajarkan tentang perkalian, maka guru itu dikatakan memiliki komptensi profesional jika guru tersebut benar benar paham mengenai materi perkalian.

3. Kompetensi Kepribadian

Apa itu kompetensi Kepribadian? Kompetensi kepribadian adalah kompetensi seorang guru yang berkaitan dengan sikap / etika seorang guru, guru yang dikatakan memiliki kompetensi kepribadian adalah guru yang memiliki sikap jujur, tanggung jawab, suka menolong atau yang lain, kompetensi kepribadian inilah yang nantinya akan dicontoh siswa, jika di masa ini kita menginginkan pendidikan yang berkarakter maka kompetensi kepribadian guru inilah yang patut menjadi perhatian.

4. Kompetensi Sosial

Apa itu Kompetensi Sosial? Kompetensi sosial adalah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan guru untuk berkomunikasi dengan orang lain. Guru dikatakan memiliki komptensi Sosial yang baik jika seorang guru dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, sebagai contoh adalah kemampuan komunikasi guru dengan siswa, guru dengan guru, guru dengan wali murid atau guru dengan masyarakat.

sumber: www.cronyos.com