Login SIM PKB
Silahkan Bapak/Ibu  login pada laman SIM PKB di https://app.simpkb.id/. Masukkan ussername dan password, apabila lupa password silahkan hubungi ketua komunitas MGMP Bapak/Ibu.

Periksa Status Peserta
Apabila dalam aplikasi SIM PKB terdapat menu kotak dialog undangan sebagai peserta diklat PPG (Pendidikan Profesi Guru) artinya Bapak/Ibu termasuk sebagai calon peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan dapat melakukan pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru). Lihat pada gambar dibawah ini.

GAMBAR DAFTAR PPG

Daftar Sebagai Peserta PPG
Untuk mendaftar sebagai peserta diklat PPG (Pendidikan Profesi Guru), silahkan Bapak/Ibu pilih tombol mendaftar. Selanjutnya Bapak/Ibu lengkapi data usulan diklat PPG (Pendidikan Profesi Guru) pada halaman formulir pendaftaran.

Daftar isian yang harus dilengkapi diantaranya sebagai berikut :

  1. Jenjang Mapel PPG, isikan jenjang mata pelajaran sesuai dengan jenjang mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. Contoh : Bahasa Indonesia.
  2. Bidang Studi PPG, isikan bidang studi sesuai dengan bidang studi Bapak/Ibu.
  3. Kualifikasi Pendidikan, isikan kualifikasi pendidikan Baspak/Ibu, contoh : S1 PGSD.
  4. Tahun tamat Ijazah Sarjana (S1), isakan tahun tamat ijazah Bapak/Ibu, contoh : 2010.
  5. Jenis Studi pendidikan, contoh : Pendikan Guru Sekolah Dasar.
  6. Jurusan atau Program Studi, contoh : Pendidikan Ekonomi.
  7. Fakultas, contoh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  8. Nama Lengkap Perguruan Tinggi Penerbit Ijazah, contoh : Universitas Muhammadiyah Metro.

Jangan lupa untuk mengunggah File Ijazah, gunakan ijazah asli kemudian discan dengan ukuran maksimal 1 MB dengan format PNG/JPG/JPEG. Jika formulir sudah selesai diisi secara lengkap silahkan Bapak/Ibu melanjutkan pendaftaran peserta PPG dengan cara pilih tombol Lanjut.

Periksa Kesesuain Data Diri
Pada saat Bapak/Ibu melakukan pengisian formulir pada pendaftaran sebagai peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) harap untuk memastikan bahwa data yang Bapak/Ibu isi sesuai dengan Ijazah, apabila sudah sesuai pilih pada menu DAFTARKAN. Lihat pada gambar dibawah ini.

GAMBAR DAFTAR PESERTA PPG

Cetak Bukti Pendaftaran
Selanjutnya silakan pilih menu CETAK BUKTI AJUAN untuk mencetak surat ajuan pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru), Jika sudah mencetak surat ajuan calon peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru), serahkan surat ajuan pendaftaran PPG tersebut kepada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ke Propinsi setempat untuk dilakukan verifikasi data.

Pantau Proses Verifikasi Data PPG
Setelah Bapak/Ibu melakukan pendaftaran dan pengajuan ke LPMP jangn lupa untuk memantau perkembangan ajuan calon peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) secara berkala pada laman SIM PKB.

Pengajuan Ulang PPG
Pengajuan ulang untuk pendaftaran PPG terdapat pada menu penolakan yang disertai dengan alasan penolakan pada pendaftaran PPG, apabila ada kesalahan dapat diperbaiki kembali dengan cara memilih Batalkan Ajuan. Proses selanjutnya perbaiki kesalahan dan lakukan pendaftaran kembali sepertai pada cara pendaftaran PPG di atas.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai cara pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru) di SIM PKB. Semoga bermanfaat.

sumber: http://www.pelitaguru.com